Enam Alergi Aneh Yang Sering Terjadi

 

Enam Alergi Aneh Yang Sering Terjadi - Mungkin Anda pernah mendengar ada orang-orang yang mengaku mengalami alergi terhadap hal-hal yang dianggap sepele seperti sepatu atau uang koin. Bagi orang yang tidak mengalaminya, alergi semacam ini terdengar konyol dan bahkan mungkin banyak yang tak percaya.



Nyatanya, alergi-alergi aneh ini benar-benar terjadi dan jumlah penderitanya tak bisa diremehkan begitu saja. Bisa jadi suatu ketika alergi ini akan menyerang Anda juga. Oleh karena itu, agar tak penasaran dan bisa membantu Anda mengantisipasi gejala-gejalanya, simak 6 jenis alergi aneh yang perlu Anda tahu seperti dikutip dari menshealth, Rabu (8/8/2012) di bawah ini.

1. Alergi bir
Seorang pria dari Italia (45) dilaporkan kulitnya memerah, bersin-bersin dan jantungnya berdetak cepat setelah menyeruput segelas bir di pub langganannya. Selidik punya selidik, ternyata pria ini divonis menderita alergi bir.

Kisah nyata ini dilaporkan dalam sebuah studi yang dilakukan sekelompok pakar alergi di Italia. "Biasanya kondisi ini disebabkan oleh sebuah protein yang disebut LTP dan banyak ditemukan di dalam barley, bahan utama bir," ungkap salah satu peneliti, Heinz Decker, Ph.D. yang juga mempelajari alergi alkohol di Johannes Gutenberg University of Mainz.

Reaksi penderita pun berbeda-beda, mulai dari kulit gatal, mual dan sakit kepala, lanjut Decker.

Menurut FDA, alergi bir (dan wine) sendiri hanya muncul diantara 1 persen populasi AS.

2. Alergi dingin
Setelah terkena udara atau air dingin, kulit Anda gatal, memerah dan bengkak (urtikaria). Saat kedinginan, kulit Anda menghasilkan 'mediator kimiawi' seperti histamine yang menyebabkan pembuluh darah Anda berkontraksi. Hal ini diungkap sebuah studi dalam New England Journal of Medicine. Sayangnya, hal ini berarti Anda juga alergi terhadap satu atau beberapa jenis bahan kimia tersebut.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Practical Dermatology, hampir sekitar 2 persen populasi mengidap alergi ini meskipun angkanya jauh lebih tinggi di daerah tropis atau suhunya sangat rendah.

Kemungkinan terburuk dari kondisi alergi ini adalah kematian, namun hal itu hanya terjadi jika Anda sudah mengidap alergi akut dan tetap memutuskan untuk berenang atau menyelam di kolam yang airnya sangat dingin.

Untuk mengatasinya, jauhi udara dan air dingin, carilah kehangatan di dalam ruangan, menggunakan pemanas ruangan atau memakai pakaian yang tebal serta berselimut dan tunggulah beberapa lama. Hal ini karena pada sebagian besar penderita, gejala alerginya akan surut dalam beberapa tahun.

3. Alergi sepatu
Pada penderita, kontak sepatu dengan kulit menyebabkan kulitnya menjadi gatal, bengkak, ruam, melepuh atau muncul sensasi terbakar di kulit. Penyebabnya adalah salah satu jenis resin formaldehida yang disebut PTBP. Biasanya senyawa ini digunakan dalam berbagai produk pabrikan berbahan kulit.

Merujuk data dari World Allergy Organization, diperkirakan ada 1 dari 500 orang yang menderita alergi ini.

Kemungkinan terburuk dari alergi ini adalah Anda takkan pernah bisa mengenakan sepatu, sabuk atau aksesoris lain yang terbuat dari kulit.

Untuk mengatasinya, setelah melepaskan sepatu, Anda bisa mengelap kulit dengan kain lembab. Jika cara ini tak membantu, cobalah pengobatan topikal seperti krim atau losion yang mengandung kortikosteroid seperti Cortaid.

4. Alergi matahari
Berdasarkan U.S. National Library of Medicine, gejala alergi ini adalah kulit gatal dan adanya benjolan-benjolan kecil yang muncul 1-4 hari setelah terpapar sinar matahari. Anda juga bisa menemukan kulit membengkak atau benjolan datar yang disebut plak.

Penyebabnya adalah radiasi ultraviolet matahari yang menyebabkan perubahan pada protein kulit Anda lalu sistem kekebalan melakukan kesalahan identifikasi protein tersebut dengan menganggapnya sebagai protein yang berbahaya dan menyerangnya.

Sebuah studi dari St. John's Institute of Dermatology di Inggris mengemukakan bahwa penderita alergi ini jumlahnya 10 persen dari seluruh populasi di AS, namun jumlah penderita yang terbanyak ada di negara-negara Eropa Utara.

Untuk mengatasinya, minumlah antihistamine oral seperti Claritin atau Benadryl, bisa juga dengan mengoleskan krim kortikosteroid seperti Cortaid.

5. Alergi uang koin
Anda baru tahu jika menderita alergi ini setelah menyentuh uang koin, perhiasan, arloji atau barang-barang tertentu yang terbuat dari logam nikel lalu muncul ruam, benjolan, gatal serta kulit mengering yang rasanya seperti terbakar.

Gara-garanya, sistem kekebalan Anda mengidentifikasi nikel sebagai 'musuh'. Namun para pakar kulit tak mengetahui mengapa sejumlah orang bisa mengidap alergi terhadap beberapa jenis unsur logam, yang pasti peneliti menduga kondisi ini bisa saja menurun dalam keluarga. Kemungkinan terburuknya adalah kulit Anda lecet dan rasanya sangat menyakitkan.

Alergi ini bisa ditemukan pada 6 persen pria dan 10 persen wanita dalam populasi. Meski begitu, untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan antihistamine atau kortikosteroid oral seperti Allegra, Zyrtec atau prednisone.

6. Alergi kerang
Kontak dengan hewan-hewan seperti udang, lobster atau kepiting dapat menyebabkan gatal-gatal; bibir, tenggorokan dan wajah membengkak; sesak nafas; diare dan mual. Hal ini karena protein tertentu pada hewan-hewan itu menyebabkan sistem kekebalan manusia terganggu dan melepaskan histamine serta senyawa kimia lainnya yang menghasilkan gejala-gejala alergi.

American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI) menemukan bahwa penderita alergi ini mencapai 2 persen di populasi AS.

Kemungkinan terburuknya adalah kematian. Reaksi yang buruk terhadap alergi ini menyebabkan kondisi yang disebut anaphylaxis yaitu tenggorokan membengkak dan Anda tak bisa bernafas, pusing hingga syok lalu ambruk.

Untuk mengatasinya, jauhi hewan-hewan seperti udang, lobster atau kepiting. Jika Anda menunjukkan gejala alergi, segera ambil antihistamine oral seperti Claritin atau Benadryl. Namun jika Anda mengalami kesulitan bernafas atau menelan sesuatu, segera ke UGD, saran ACAAI.


http://health.detik.com/
Enam Alergi Aneh Yang Sering Terjadi 4.5 5 Unknown Enam Alergi Aneh Yang Sering Terjadi - Mungkin Anda pernah mendengar ada orang-orang yang mengaku mengalami alergi terhadap hal-hal yang di...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar